Sleman– Siswa-siswi kelas 3 SD Muhammadiyah Condongcatur melaksanakan kegiatan puncak tematik dengan mengusung tema “Perkembangan Teknologi Pangan, Ayo Minum Susu”.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu (21/10/17) ini diikuti sebanyak 157 siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Condongcatur. Siswa terlihat sangat antusias mengikuti berbagai tahapan acara, mulai dari seminar pendidikan tentang teknologi pangan, nonton video, minum susu serentak, hingga praktik pengolahan berbagai macam kreasi makanan dan minuman berbahan dasar susu pasteurisasi.

Selain kegiatan inti, sebelumnya juga dilaksanakan pra acara yang menampilkan dongeng anak, menyanyi, serta pembacaan puisi yang dibawakan oleh siswa dan siswi kelas 3 SD Muhammadiyah Condongcatur.

Acara yang berlangsung kurang lebih selama 5 jam ini menghasilkan berbagai jenis kreasi olahan makanan, seperti es susu kental manis, milk shake aneka rasa, bola-bola coklat, es buah semangka susu, salad buah, es alpukat susu UHT, Sanwich Avocado, dan es susu strawberi.

Dalam praktik pengolahan susu pasteurisasi, siswa dibagi kedalam 21 kelompok, di mana masing-masing anggota kelompok terdiri dari 7 – 8 siswa. Kegiatan praktik pengolahan susu  pasteurisasi ini dilakukan di kantin SD Muhammadiyah Condongcatur, selain sebelumnya siswa mengikuti kegiatan seminar pendidikan teknologi pangan yang disampaikan oleh Drh. Daud Suroto, Kepala Koprasi Peternakan Sarono Makmur, bertempat di aula.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Ibu Yunita Nur Rahmawati, S.Pd., koordinator guru kelas 3 yang diwawancarai baru-baru ini, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan puncak tematik kelas 3 SD Muhammadiyah Condongcatur adalah agar siswa mengetahui teknologi pangan, khususnya pengolahan susu sapi. Diharapkan pula siswa bisa membuat berbagai olahan makanan ataupun minuman bergizi berbahan dasar susu, serta mengetahui proses pasteurisasi.

Selain itu, Yunita menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan  dapat melatih siswa untuk bekerja dalam tim serta bisa mengaplikasikan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam praktik kehidupan nyata.

Foto lainnya dapat dilihat di instagram SDMUHCC [klik ini ya]