Proses pembelajaran perlu didesain lebih menyenangkan supaya siswa betah untuk belajar. Sebisa mungkin, suasana pembelajaran diciptakan supaya tidak ada penekanan secara psikologis, terutama bagi siwa. Dalam hal ini, pembelajaran di luar kelas (outdoor study) menjadi sebuah tawaran yang sangat tepat. Selain pembelajaran yang dilakukan bisa jauh lebih menyenangkan, outdoor study juga memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual.

Kaitannya dengan hal tersebut, SD Muhammadiyah Condongcatur memiliki sebuah kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dari kelas 1 hingga kelas 5, yakni Fieldtrip. Fieldtrip merupakan salah satu kegiatan diluar kelas yang berorientasikan pada studi perjalanan ke suatu daerah atau tempat untuk meningkatkan daya kreativitas siswa dalam pengamatan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan disekolah.

(Sabtu, 11/03/17) lalu, siswa/siswi kelas 1 dan 3 SD Muhammadiyah Condongcatur melakukan kunjungan Fieldtrip. Siswa kelas 1 berkunjung ke kebun buah naga di Sabila Farm, Kaliurang. Siswa dikenalkan pada berbagai jenis olahan dari buah naga, seperti jus, puding, sirup, dan sebagainya. Tidak hanya itu, siswa juga diajak untuk melakukan permainan edukatif memindah bola, memindah kelereng, menyusun puzzel berbagai bentuk buah, serta permainan pesan berantai. Sebagai penutup kegiatan, siswa menyaksikan pertunjukan dongeng boneka tangan, mengenai asal usul buah naga.

Berbeda dengan siswa kelas 1 yang berkunjung ke kebun buah naga di Sabila Farm, siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Condongcatur mengunjungi Desa Wisata Boro ‘Dolan Deso’ Kulonprogo. Tim panitia fieldtrip kelas 3 mengambil tema “Asiknya Belajar dan Bermain di Alam Terbuka”. Anak-anak diajak untuk belajar bercocok tanam, membajak sawah dengan kerbau, mempraktikan berbagai jenis permainan tradisional, melakukan Outbound petualang cilik sembari menikmati indahnya pemandangan alam pedesaan.

Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan adanya kegiatan Fieldrip ini, diharapkan bisa menjadi media rekreasi siswa serta mampu meningkatkan daya kreativitas siswa dalam pengamatan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.

 

Foto Kegiatan Bisa Klik ditautan dibawah ini: