Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur mengikuti rangkaian kegiatan lomba perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Sleman dibagi menjadi 3 tahap. Pada hari kamis, 27 April 2017 yang lalu, bertempat di Hotel Prima SR dilaksanakan tahap ketiga, yaitu final lomba (tahap presentasi) yang diikuti oleh 40 finalis. Sebelumnya, beberapa tahapan seperti penilaian profil perpustakaan dan penilaian visitasi sudah dilakukan oleh dewan juri.

Kegiatan perlombaan ini di bagi menjadi 4 kategori, yaitu lomba perpustakaan sekolah tingkat SD/MI se-Kabupaten Sleman, lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Sleman, Lomba perpustakaan masyarakat/komunitas se-Kabupaten Sleman, lomba perpustakaan Desa se-kabupaten Sleman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Sleman, Ir. AA. Ayu Laksmidewi Triastika Putri, M.M dalam pembukaan final lomba perpustakaan mengatakan, bahwa tujuan dari penyelenggaraan lomba perpustakaan ini adalah untuk menggerakkan budaya literasi masyarakat, khususnya di Kabupaten Sleman.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan sesi presentasi masing-masing finalis lomba yang terbagi menjadi 4 kelompok kategori dengan 3 dewan juri untuk masing-masing kelompok. Peserta lomba diberikan waktu 10 menit untuk menyampaikan presentasi, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Dalam tahapan ini, akan dipilih 5 peserta dengan nilai tertinggi untuk diberikan penghargaan dalam sesi penutupan acara.

Dalam sesi pengumuman pemenang lomba perpustakaan, SD Muhammadiyah Condongcatur memperoleh nilai tertinggi dan berhasil menjadi juara 1 dalam kategori perpustakaan sekolah dasar se Kabupaten Sleman.

“Mari kita tetap semangat dan terus aktif terlibat dalam menggerakkab literasi di Kabupaten Sleman“ tutur Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman saat menutup acara.(umi)