Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SD Muhammadiyah Condongcatur mengadakan acara Pelatihan dan Pelantikan Dokter Kecil. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan kesehatan anak usia sekolah.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan selama 2 hari dimulai hari Jumat–Sabtu (25–26/8/2017) di Aula Gedung Ungu SD Muhammadiyah Condongcatur tersebut berjalan dengan meriah dan lancar. Siswa terlihat sangat antusias mengikuti setiap materi yang diberikan.

Peserta pelatihan terdiri dari siswa dan siswi kelas 4, di mana siswa sebelumnya sudah mengisi formulir pendaftaran dokter kecil yang disiapkan oleh UKS.

Petugas UKS, Agus Rini Diah Tri Rahayu, S.Kep., Ns. mengatakan, bahwa kegiatan Dokter Kecil ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan kesehatan sejak dini. Selain itu, Ririn berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, siswa juga akan tergerak untuk menjadi penggerak dalam upaya penerapan hidup bersih dan sehat dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai pukul 08.00–11.00 WIB ini di isi dengan berbagai materi, mulai dari kesehatan gigi dan mulut, pelatihan P3K, pengenalan Kesehatan Linkungan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Untuk memaksimalkan pelatihan Dokter Kecil ini, sekolah bekerjasama dengan dr. Intan Fatah Kumara, Sp.A., drg. Ida Faika dan Ibu Arieni Ramadhan, S.Kep., Ns. Med. Ed. sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pelantikan peserta pelatihan sebagai Dokter Kecil SD Muhammadiyah Condongcatur. Pelantikan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Sulasmi S.Pd. dengan penyematan PIN dan Jas Dokter Kecil.