Pada pawai Budaya Olimpiade Budaya Jawa, SD Muhammadiyah Condongcatur menampilkan pawai bertema “Omah pinter”. Pawai ini merupakan sebuah kegiatan pembuka dari Olimpiade Budaya Jawa II (OBJ II) di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta.

Kegiatan yang berlangsung hari Sabtu (9/9/2017) ini diikuti oleh seluruh sekolah Muhammadiyah yang berada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Rute pawai dimulai dari Stadion Kridosono, melewati wilayah 0 km sampai Alun-alun Utara Yogyakarta. Konsep “Omah Pinter” mengusung rumah adat khas Yogyakarta, yaitu rumah Joglo, yang di visualisasikan dalam bentuk replika rumah Joglo di atas mobil pick up. Replika rumah Joglo tersebut dilengkapi dengan berbagai macam bahan bacaan (buku) yang menghiasi setiap sudut rumah, melambangkan sebuah upaya yang bertujuan untuk menggerakkan budaya literasi informasi secara menyeluruh.

Peserta yang terlibat dinamakan Pasukan Literasi.  Pasukan Literasi akan mengenakan kostum dari berbagai profesi. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat membaca berbagai kalangan dari profesi apapun. Kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh alunan musik pengiring pawai yang dikemas secara menarik.