TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia, SD Muhammadiyah Condongcatur menggelar upacara bendera di halaman sekolah pada Jumat (17/8/2018).

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur, Sulasmi, berharap dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini para siswa dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air.

“Tingkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi, agar kalian semua bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita ini bangga dan berjaya,” ujar Sulasmi.

Ia menekankan, bahwa “Semangat Nasionalisme” itu sangatlah penting, terlebih bagi kalangan pelajar.

Karena menurutnya, jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.

“Dengan adanya nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar sesama, sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan bersama,” lanjutnya.

Selain menggelar upacara bendera, untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI kali ini, SD Muhammadiyah Condongcatur juga menggelar beragam perlombaan.

Di antaranya lomba kebersihan dan kelas, kipas balon, estafet, mural dinding, lari kelereng.

Kesiswaan dan Humas SD Muhammadiyah Condongcatur, Ari Setyawan, menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan guna menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan bagi siswa.

“Selain itu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban dan meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia,” ujar Ari kepada Tribunjogja.com

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa sportivitas dalam meraih prestasi. (*)

sumber: http://jogja.tribunnews.com/