Share it...

EKSTRAKURIKULER MATA PELAJARAN (MAPEL)

Ekstra kurikuler mapel adalah kegiatan pengembangan diri di luar mata pelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum di harapkan siswa mampu menyelesaikan atau untuk ketuntasan dalam mata pelajaran contoh membaca , berhitung , atau pun ilmu pengetahuan umum. Kegiatan ekstra Mapel dilakukan 1 minggu sekali dengan kompetensi masing masing pelajaran dalam hal ini penekanan untuk pelajaran yang di UN (Ujian Nasional).

EKSTRAKURIKULER CC( Bahasa Inggris )

Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris untuk mengembangkan kecakapan berbahasa asing dalam hal ini Inggris dan untuk menyalurkan bakat dan hobi peserta didik atau siswa dan biasa untuk meningkatkan prestasi siswa dalam setiap lomba bahasa inggris dan untuk menyiapkan siswa dalam mengikuti olimpiade kegiatan ini dilakukan setiap minggu 2 kali setiap hari Senin dan Kamis yang menjadi ekstrakurikuler favorit di SD Muh Condongcatur.

EKSTRAKURIKULER Sempoa / Jaritmatika

Sebagai upaya untuk meningkatkan siswa dalam melakukan teknik hitung yang cepat sehingga ini dikembangkan dan dibiasakan di SD Muh Condongcatur untuk mengembangkan teknik menhgitung dengan jari selain itu anak anak juga dikenalkan latihan hitung tradisional yang namannya soroban atau swipoa alat hitung cina kuno atau jepang dan membuat anak mudah dalam belajar matematika kegiatan ini dilakukan 1 minggu sekali setiap hari rabu di ekstrakurikuler sempoa SD Muh Condongcatur.

EKSTRAKURIKULER Gitar

Bermusik adalah hasil dari proses kebudayaan yang harus dikembangkan baik melaui pendidikan formal ataupun non formal bagaimana cara menentukan posisi jari, memainkan melodi atau mengenalkan notasi harapannya bisa memberikan ketrampilan siswa dalam bermusik sehingga SD Muh Condongcatur menyelenggarakan kegiatan Ekstra gitar setiap minggu sekali dan di sd muh condongcatur muncul band cilik yang menjadi aktifitas seni yang mendidik untuk siswa yang harapanya muncul karya seni.

EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Kegiatan ini dilakukan di luar jam sekolah di harapkan bisa mengembangkan menyalurkan bakat dan minat siswa dan memperdalam pengetahuan siswa dalam bermain futsal dan meningkatkan ketrampilan serta skill siswa dalam bermain futsal serta meningkatkan jiwa sportifitas dan kerjasama dalam tim kegiatan ekstra futsal di SD Muh Condongcatur dilakukan setiap minggu sekali dan sudah terbukti SD Muh Condongcatur pernah menjuarai kejuaran futsal diy jateng di Semarang.

EKSTRAKURIKULER RENANG
Pengembangan nilai nilai sportifitas di SD Muh Condongcatur juga di kembangkan dalam benyu kegiatan ekstra renang bekerjasama dengan UNY untuk mengembangkan ekstrakurikuler inidan mengembangkan siswa untuk mengenal pembelajaran Aquatic sehingga untuk anaka anak yang mengikuti ekstrakurikuler renang mengenalkan untuk berani di air, melakukan gerakan meluncur dengan papan , sampai gerakan renang gaya bebas dan mau mengikuti lomba renang kegiatan renang di SD Muh Condongcatur merupakan ekstrakurikuler yang banyak peminatnya kegiatannya dilakukan dalam seminggu dilakukan 1 kali ekstrakurikuler yaitu setiap kamis yang terbagi menjadi 2 sesi.

EKSTRAKURIKULER PANAHAN

Pengembangan ekstrakurikuler panahan di harapkan untuk meningkatkan karakter siswa dalam melatih fokus siswa,jiwa sportif ketekunan, dan kecermatan serta percaya diri siswa,mengolah emosi , serta rekreatif dan kejujuran yang memberi kontribusi positf untuk pengembangan karakter siswa kegiatan ekstrakurikuler memanah dilakukan 2 kali dalam seminggu dengan dibagi kelas bawah dan kelas atas.

EKSTRAKURIKULER KARATE

Untuk mendorong dan mengenalkan siswa kegiatan bela diri yang lebih menitik beratkan pada penguasaan bela diri dan sebagai wadah penyaluran bakat siswa untuk memunculkan bibit bibit atlet di SD Muh Condongcatur khususnya ketrampilan karate dan bidang olahraga pada umumnya kegiatan karate di SD Muh Condongcatur dilakukan seminggu 1 kali.

EKSTRAKURIKULER MULTIMEDIA (TIK)

Seiring dengan perkembangan jaman, siswa diharapkan mampu beradaptasi dengan penguasaan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK). Ekstra ini dapat diikuti oleh kelas 3, 4, dan 5. Materi disesuaikan dengan kebutuhan siswa dimana nantinya TIK dapat digunakan untuk membantu kegiatan belajar siswa.


Share it...