Info Sekolah
Sabtu, 02 Mar 8216
23 Mei 2022

FIELDTRIP KELAS 2 DAN KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Senin, 23 Mei 2022 Kategori : Berita

SD Muhammadiyah Condongcatur menyelenggarakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun bagi seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 5, yaitu Fieldtrip. Kegiatan ini merupakan suatu pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas dengan berorientasikan pada studi perjalanan ke suatu daerah atau tempat guna meningkatkan daya kreativitas siswa dalam pengamatan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan disekolah.

Seluruh siswa kelas 2 dan kelas 4 melaksanakan kunjungan fieldtrip pada hari Sabtu, 14 Mei 2022. Siswa kelas 2 melaksanakan kegiatan ini dengan mengunjungi Desa Wisata Boro “Dolan Deso” yang terletak di Kulonprogo. Pada kegiatan kali ini, panitia fieldtrip kelas 2 mengangkat tema “Serunya Pengalamanku Di Tempat Wisata Bersama Teman-Teman”. Untuk memudahkan dalam pengawasan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Anak-anak diajak untuk membajak sawah dengan kerbau, belajar menanam padi, menyebrangi jembatan goyang dan latihan keseimbangan, tubing naik ban mengikuti aliran selokan mataram sejauh 7-10 meter, detektif air, pengenalan biota, melepas ikan ke sungai serta menikmati indahnya pemandangan alam pedesaan.

Berbeda dengan siswa kelas 2 yang berkunjung ke Desa Wisata Boro, siswa kelas 4 melaksanakan kegiatan fieldtrip dengan mengunjungi Desa Wisata Krebet yang terletak di Bantul. Panitia fieldtrip kelas 4 mengangkat tema “Indahnya Kebersamaan Di Negeriku”. Anak-anak diajak belajar membatik dengan tujuan untuk mencintai dan menghargai kerajinan yang ada di Indonesia serta mengembangkan dan meningkatkan kreativitas anak. Setelah selesai membatik, siswa kelas 4 dengan didampingi oleh beberapa guru dan tour guide melakukan outbound yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Kegiatan outbound ini bertujuan untuk melatih konsentrasi, kerjasama, dan keseimbangan tubuh dalam menghadapi pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah nantinya.

Serangkaian acara fieldtrip ini berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang baru, menjadi media rekreasi dan pengetahuan siswa serta mampu meningkatkan daya kreativitas siswa dalam pengamatan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.

SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

    Alamat:
    Jl. Perumnas (Ringroad Utara) Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

    Telepon:
    0274-486619

    WhatsApp:
    085100826777

    E-Mail:
    sdmuhcondongcatur@gmail.com