Suasana gembira jelas terlihat di wajah seluruh siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Condongcatur yang telah tiba di Bumi Perkemahan Rama Shinta Kompleks Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis, 13 Februari 2020. Kegiatan kemah besar bersama memang sudah menjadi agenda rutin SD Muhammadiyah Condongcatur bersama sekolah kluster. Tahun ini, kurang lebih 427 siswa yang berasal dari tujuh sekolah dasar Muhammadiyah turut serta dalam kegiatan berkemah tersebut, diantaranya ialah SD Muhammadiyah Bayen, SD Muhammadiyah Kadisoka dan SD Muhammadiyah Prambanan.

Kegiatan Kemah besar bersama tersebut diselenggarakan selama tiga hari dua malam berturut-turut sejak Kamis, 13 Februari 2020 hingga Sabtu, 15 Februari 2020. Khusus dari SD Muhammadiyah Condongcatur, seluruh siswa kelas 5 terlibat dalam kegiatan tersebut didampingi oleh tim guru kelas 5 beserta beberapa guru tambahan yang bertugas sebagai pendamping siswa selama kegiatan berkemah. Berbagai kegiatan kepanduan sengaja disusun sesuai dengan kemampuan siswa selama berlangsungnya kegiatan berkemah dan dilaksanakan dengan antusias oleh seluruh siswa yang turut serta.

Secara umum, diselenggarakannya kegiatan kemah besar bersama ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa dengan sistem kepanduan dan perkemahan mandiri. Selain itu, para siswa juga dilatih bekerjasama dan mempertahankan kekompakan dalam kelompok mereka masing-masing selama berkegiatan. Musim hujan pun sepertinya bukan menjadi suatu kendala yang berarti selama berlangsungnya kegiatan tersebut.