Aturan PSBB dan PTKM Dipatuhi, Pembagian Buku dan Modul sebagai Sumber Pembelajaran Aman Terkendali

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021 yang dilanjutkan dengan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) sampai tanggal 8 Februari 2021, membuat segala aktivitas warga dibatasi rentang waktunya. Sebagai instansi pendidikan, SD Muhammadiyah Condongcatur senantiasa mematuhi aturan pemerintah tersebut. Kegiatan belajar mengajar pun dilakukan dengan sistem daring. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ataupun BDR (Belajar Dari Rumah) merupakan bentuk kegiatan belajar bagi para murid dari kelas I sampai kelas VI di SD Muhammadiyah Condongcatur. Guru, sebagai tenaga pendidik memiliki pola kerja WFO (Work From Office) selama 2 hari dan bekerja dengan pola WFH (Work From Home) selama 4 hari sesuai anjuran pemerintah selama PSBB dan PTKM. Bagi karyawan, sebagai tenaga kependidikan, memiliki pola kerja menyesuaikan objek kerja masing-masing bagian. Karyawan bagian Administrasi, Perpustakaan, UKS, Pemeliharaan Taman, Dapur, Keuangan, Maintenance, UUSM, dan Sopir memiliki pola kerja WFO (Work From Office) selama 3 hari dan melakukan pola WFH (Work From Home) selama 3 hari secara bergantian dengan rekan sesama bidang kerja.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar, senantiasa diperlukan sumber belajar. Buku dan modul sebagai salah satu sumber belajar juga disediakan oleh SD Muhammadiyan Condongcatur melalui perpustakaan sekolah ini, yang bernama Perpustakaan “HAMKA”. Proses pembagian modul dan peminjaman buku tematik bagi siswa kelas 1 sampai kelas 6 dilaksanakan secara drive thru.

Layanan drive thru tersebut dimulai pukul 07.00-09.00 WIB. Lokasi layanan drive thru berada di 2 jalur, yaitu jalur sisi selatan untuk kelas A dan B, dan jalur sisi utara untuk kelas C dan D. Jadwal drive thru peminjaman buku paket tematik dan pembagian modul semester ialah sebagai berikut:

Kelas I dilayani pada hari Senin 25 Januari 2021, bagi Kelas II dilayani pada hari Kamis 28 Januari 2021,  sedangkan pelayanan untuk Kelas III dilaksanakan pada hari Selasa 26 Januari 2021. Bagi murid Kelas IV dilayani pada hari Jumat 29 Januari 2021, untuk siswa Kelas V dilayani pada hari Rabu 27 Januari 2021, sedangkan bagi siswa Kelas VI dilayani hari Sabtu 30  Januari 2021.

Secara bergantian semua guru dan karyawan pendamping siap menyambut orang tua/wali murid di pos yang telah disediakan. Orang tua/wali murid tidak perlu turun dari kendaraan (mobil/sepeda motor). Mereka cukup berhenti di depan pos yang telah disediakan, lalu menyebutkan nama dan kelas peserta didik, kemudian guru/karyawan memberikan paket berisi buku-buku dan berbagai modul dalam bungkusan plastik. Setelah itu guru/karyawan pendamping memberi tanda bukti pengambilan pada lembar bukti yang telah disediakan. Dalam pelaksanaan pembagian modul dan peminjaman buku tematik ini, semua pihak tetap memakai masker dan menghindari kerumunan. Protokol kesehatan dipatuhi, PSBB dan PTKM ditaati, layanan drive thru peminjaman buku paket tematik dan pembagian modulpun berjalan tertib, lancar, aman dan terkendali.