Kebun Sayur dan Buah sebagai Sumber Pemenuhan Gizi di SD Muhammadiyah Condongcatur

Aneka ragam tanaman yang tumbuh subur di SD Muhammadiyah Condongcatur menyebabkan lingkungan sekolah ini menjadi bersih, hijau, sejuk, dan asri. Semua ini tidak terlepas dari adanya upaya pihak petugas taman sekolah yang selalu siap siaga menjaga dan merawat berbagai tanaman. Menyiram tanaman, memberi pupuk, menyiangi rumput, menyingkirkan daun-daun kering, memotong dahan yang sudah menjalar terlalu tinggi, merupakan aktivitas para pihak petugas taman sehari-hari. Warga sekolah pun memiliki peran penting dalam menjadikan lingkungan sekolah ini selalu tampak bersih, hijau, sejuk, dan asri.

Saat memasuki lingkungan SD Muhammadiyah Condongcatur, tampak berbagai hamparan bunga yang bermekaran dengan indah. Daun-daun hijau menambah indahnya suasana. Pohon-pohon tumbuh kokoh di sekolah ini. Berbagai jenis pohon, bunga, sayuran, dan buah tampak tumbuh subur dan asri di berbagai sisi sekolah ini. Kebun sayur dan buah juga tumbuh dengan subur. Pohon mangga, belimbing, belimbing wuluh, nangka, jambu air, jambu biji, dan pepaya merupakan contoh pohon buah milik sekolah. Sayuran labu, sawi, lombok, tomat, bawang daun merupakan jenis tanaman sayuran yang tumbuh subur di kebun sekolah ini.

Banyak manfaat yang bisa dipetik dari adanya kebun sayur dan buah yang dimiliki sekolah. Sayuran dan buah-buahan itu berfaedah dalam pemenuhan standar gizi bagi para warga sekolah. Menu sayuran dan buah-buahan selalu terhidang bersama dengan menu makan pagi dan siang bagi para guru dan karyawan yang melaksanakan kerja dengan sistem Work From Office (WFO). Para karyawan handal bagian dapur dengan cekatan selalu menyediakan menu sayur dan buah dari kebuh sekolah. Mereka dengan cekatan memetik sayur, memotong, mencuci, lalu memasaknya menjadi santapan sayur yang lezat. Buah-buahan yang mereka petik, segera dikupas seperlunya, dicuci, dipotong, lalu siap dihidangkan bagi guru dan karyawan.

Dengan menyantap sayur dan buah hasil olahan kebun sekolah sendiri, standar gizi guru dan karyawan SD Muhammadiyah Condongcatur terpenuhi. Taraf kesehatan pendidik dan tenaga kependidikan pun semakin meningkat, walau masih berada dalam suasana pandemi Covid-19.