Ketat Jalankan Protokol Kesehatan, Pelaporan Hasil PH dan PTS Berjalan Tertib

SD Muhammadiyah Condongcatur telah melaksanakan Penilaian Harian (PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. Pelaksanaan PH bagi murid kelas 1, 2, dan 3 dimulai sejak tanggal 1-5 Februari 2021. Sedangkan pelaksanaan PH bagi peserta didik kelas 4 dan 5, berlangsung dari tanggal 1-6 Februari 2021.

Pelaksanaan PTS di sekolah yang sedang menyiapkan diri untuk maju lomba sekolah Adiwiyata tingkat propinsi DIY ini berlangsung dari tanggal 4-9 Maret 2021 bagi siswa kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan bagi murid kelas 4 dan 5 dilaksanakan sejak tanggal 4 -10 Maret 2021.

Sebagai bentuk laporan hasil dari PH dan PTS kepada orang tua/wali murid, sekolah melaksanakan kegiatan pengambilan hasil PH dan PTS. Kegiatan pengambilan hasil PH dan PTS ini berlangsung pada tanggal 22 dan 23 Maret 2021. Bagi orang tua/wali murid yang memiliki putra/putri yang duduk di bangku kelas 1, 2, dan 3, pengambilan hasil PH dan PTS dilayani pada hari Senin, 22 Maret 2021. Sedangkan bagi orang tua/wali murid yang memiliki putra/putri yang duduk di bangku kelas 4 dan 5, pembagian hasil PH dan PTS dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Maret 2021.

Orang tua/wali murid hadir berdasarkan jadwal yang telah diedarkan oleh pihak sekolah. Protokol kesehatan tetap dipatuhi, yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Kegiatan pengambilan hasil PH dan PTS bagi masing-masing wali murid pun relatif singkat. Semua ini ditempuh demi menghindari kerumunan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Di depan pintu masuk, guru/karyawan yang bertugas di lokasi itu mengukur suhu orang tua/wali murid yang hadir untuk mengambil hasil PH dan PTS anaknya. Usai mencuci tangan, orang tua/wali murid mengambil nomor antrian, kemudian duduk di ruang transit untuk menunggu pemanggilan. Usai dilakukannya pemanggilan, orang tua/wali murid memasuki ruangan yang telah disediakan untuk menerima hasil PH dan PTS peserta didik dari wali kelas, setelah itu wali murid diperbolehkan pulang. Dalam kegiatan pengambilan PH dan PTS tersebut, tidak diadakan konsultasi belajar secara langsung dengan wali kelas. Bagi orang tua/wali murid yang ingin berkonsultasi dengan wali kelas, bisa dilaksanakan dengan sistem dalam jaringan (daring).