Share it...

Guna menyambut tahun ajaran baru, SD Muhammadiyah Condongcatur mengadakan Pelatihan IT Pembelajaran Jarak Jauh untuk seluruh guru. Pelatihan ini diharapkan dapat memudahkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru selama menghadapi masa New Normal.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua gelombang dimulai pada tanggal 10-11 Juli 2020 pukul 08.00 sampai 12.00 WIB di Laboratorium Multimedia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pelaksanaan pelatihan gelombang pertama ditujukan untuk guru kelas 1-3 dan gelombang kedua ditujukan untuk guru kelas 4-6.

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan arahan dan sambutan dari Ibu Sulasmi, S.Pd., selaku Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur, terkait persiapan pembelajaran jarak jauh di tengah masa pandemi COVID-19. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan pentingnya mempersiapkan kegiatan pembelajaran daring pada masa new normal. Para guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Terdapat tiga materi pokok yang disampaikan dalam pelatihan ini. Pertama, materi pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Video Scribe yang disampaikan oleh Bapak Imam Khoiruddin, S.Pd. Materi ini memberikan wawasan kepada para guru tentang bagaimana cara membuat video pembelajaran yang interaktif.  Kedua, materi penggunaan Learning Management System (LMS) yang disampaikan oleh Bapak Ari Budiyanto, S.Pd. Materi LMS berisi tentang penataan jadwal, materi serta penugasan siswa. Materi ketiga adalah pemaparan penggunaan Zoom, Google Form dan Quizizz. Sebagai pembicara, Bapak Haryanto, S.Pd.Si membahas tentang cara menggunakan aplikasi penunjang proses pembelajaran daring.

Para guru peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat khususnya untuk menunjang tugas guru dalam pelaksanaan pembalajaran daring, selama masa pandemi COVID-19 ini.


Share it...