Info Sekolah
Selasa, 02 Mar 9779
3 Agustus 2022

PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE KIBAR BAGI SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Rabu, 3 Agustus 2022 Kategori : Berita

SD Muhammadiyah Condongcatur menerapkan metode Kibar bagi siswa kelas 1 dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ). Kegiatan Kibar dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis pukul 07.00-08.10 dan diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas 1. Setiap kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 siswa dengan 1 pendamping kibar. Kegiatan ini dilakukan di kelas 1A, 1B, 1C, 1D dan Aula Ahmad Dahlan Lantai 2 SD Muhammadiyah Condongcatur.

Kegiatan Kibar merupakan pembelajaran cara membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Buku Kibar. Buku Kibar dibuat menarik agar anak semakin senang dalam mempelajari Al-Qur’an. Buku Kibar terdiri dari 4 jilid, jilid pertama Kibar Pra, berupa pengenalan huruf hijaiyah. Jilid kedua, Kibar A yaitu taham pengenalan huruf sambung. Jilid ketiga, Kibar B tahap pengenalan huruf tanwin, dhomah dan sebagaianya, serta jilid keempat, Kibar C merupakan tahap pengenalan huruf mad, tasydid, idghom dan lain-lain yang pembahasannya lebih lengkap

Kibar merupakan metode masa kini mengenai cara membaca Al-Qur’an yang disusun sesuai dengan perkembangan karakter anak. Metode ini lebih menekankan pada penguasaan Makharijul Hurufnya. Pengenalan huruf dalam metode ini dimulai dari huruf yang hampir sama bunyinya, kemudian hampir sama lafadznya, dan hampir sama bentuknya. Oleh karena itu siswa akan mudah memahami karakteristik huruf hijaiyah dan makharijul hurufnya dengan benar. Dengan terciptanya metode Kibar yang kreatif, inovatif, briliant, aktif, dan religius diharapkan para siswa kelas 1 akan lebih cepat dan fasih dalam membaca Al-Qur’an.

SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

    Alamat:
    Jl. Perumnas (Ringroad Utara) Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

    Telepon:
    0274-486619

    WhatsApp:
    085100826777

    E-Mail:
    sdmuhcondongcatur@gmail.com