Sebagai seorang perempuan, mampu melakukan berbagai tugas domestik pastinya menjadi salah satu hal yang wajib. Tugas domestik yang biasa dilakukan di rumah ini tak hanya melulu membersihkan rumah dan menjahit. Memasak merupakan salah satu life skill dasar yang bisa dilakukan oleh para siswi SD Muhammadiyah Condongcatur di rumah mereka masing-masing. Oleh karena itu, materi keputrian di minggu kedua bulan Februari 2020 yang tepatnya jatuh pada Jum’at, 7 Februari 2020 ini adalah praktik membuat sandwich.

Praktik keputrian ini dilaksanakan oleh seluruh siswi kelas 6 SD Muhammadiyah Condongcatur di seluruh ruang kelas 6. Sebelumnya, pengumuman tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk keperluan praktik telah disampaikan kurang lebih dua hari sebelumnya. Bahan dan alat dibawa oleh para siswi sendiri sesuai dengan kelompok kelas masing-masing. Inti dari pelaksanaan praktik pembuatan sandwich ini selain untuk mengajarkan ke siswi tentang keterampilan memasak, mengolah bahan dengan baik dan memanfaatkan alat yang ada, para siswi juga diberikan pengalaman mengelola bisnis kuliner skala kecil di sekolah. Karenanya setelah produk makanan telah siap santap, produk-produk kreasi para siswi kelas 6 ini akan dijual sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Tentunya pembelinya adalah para warga sekolah. 

Dengan pengelolaan keuangan yang baik dari masing-masing kelompok, keuntungan bisa didapat walaupun notabene produk dijual dengan harga terjangkau. Pendampingan dan pengawasan dilakukan oleh guru dan karyawan yang bertugas sesuai jadwal, kegiatan praktik memasak ini berlangsung dengan tertib dan lancar. Kekompakan para siswi serta kreativitas mereka dalam mengolah bahan-bahan menjadi menu yang layak jual sangat jelas terlihat di setiap ruang kelas 6. Antusiasme pun juga dirasakan oleh para siswi kelas 3 hingga 4 SD Muhammadiyah Condongcatur yang turut berkunjung ke kedai dadakan ini.