SD Muhammadiyah Condongcatur Melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian yang dilakukan disetiap jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. ANBK terdiri dari tiga bagian yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum diikuti peserta didik dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Survei Karakter diikuti peserta didik dan guru. Hal ini dilakukan untuk mengukur sikap kebiasaan dan nilai-nilai sebagai hasil belajar non kognitif. Sementara Survei Lingkungan Belajar diikuti kepala satuan pendidikan untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

ANBK jenjang sekolah dasar di SD Muhammadiyah Condongcatur digelar pada tanggal 15 – 18 November 2021 di Aula K.H Ahmad Dahlan. Pelaksanaan ANBK dimulai pada pukul 07.00 – 11.10 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yang terbagi menjadi 2 gelombang sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan oleh pihak sekolah. Untuk jenjang sekolah dasar, asesmen dilakukan terhadap siswa kelas 5. Jumlah siswa yang mengikuti asesmen adalah 35 siswa yang dipilih secara acak.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Penerapan protokol kesehatan di sekolah juga dilakukan dengan ketat. Saat memasuki area sekolah dilakukan pengecekan suhu badan. Para siswa wajib memakai masker dan menjaga jarak selama berada di ruangan maupun lingkungan sekolah. Sebelum kegiatan ANBK dimulai, para siswa melaksanakan Shalat Dhuha berjamaah di Mushola A.R Fachrudin. Kemudian siswa memasuki ruang ANBK untuk mempersiapkan tes dengan membawa kartu tes dan alat tulis. Selain peserta, pengawas, proktor dan teknisi asesmen nasional dilarang masuk ruang asesmen. Peserta dilarang membawa perangkat komunikasi elektronik, kamera, dan sejenisnya ke dalam ruang asesmen. Selain penerapan protokol kesehatan sangat ketat, dilakukan pembatasan jumlah peserta sebanyak 15 siswa dalam ruangan.