Turut Galakkan Program Pemerintah, Guru dan Karyawan Lakukan Vaksinasi Covid-19 Dosis 2

Selaku instansi pendidikan, SD Muhammadiyah Condongcatur selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 khususnya bagi pekerja publik. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan tersebut berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu pemberian dosis 1 dilaksanakan pada tanggal 1 April 2020 sedangkan dosis 2 diberikan 28 hari kemudian yakni pada tanggal 29 April 2021.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, pihak UKS “Ibnu Sina” SD Muhammadiyah Condongcatur menggandeng pihak Puskesmas Depok 2. Beberapan pekan sebelum dilaksanakannya vaksinasi tersebut, semua guru dan karyawan diberi penyuluhan tentang pentingnya vaksinasi Covid-19. Pemberian vaksin Covid-19 ini sangat penting dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Proses penyuluhan dilakukan melalui media zoom selama beberapa menit diikuti oleh semua guru dan karyawan saat pelaksanaan rapat rutin yang diadakan setiap Jum’at. Selain itu para pemangku kebijakan sekolah juga sering memberikan arahan tentang pentingnya vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Sebelum dilakukannya penyuntikan vaksin, setiap guru dan karyawan mengisi formulir skrining kesehatan yang diberikan oleh pihak paramedis. Setelah diisi, data tersebut dikumpulkan kepada petugas. Semua guru dan karyawan lantas menunggu panggilan untuk menerima suntikan vaksin. Setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, dan wawancara riwayat kesehatan, pelaksanaan suntik vaksin dilakukan oleh dokter ahli di ruangan yang telah disiapkan. Usai menerima suntikan vaksin, para guru dan karyawan mendapatkan Kartu Imunisasi Covid-19 sebagai bukti telah mengikuti vaksin covid-19. E-sertifikat vaksinasi Covid-19 pun diberikan kepada para guru dan karyawan yang dikirim melalui sms ke nomor handphone masing-masing guru dan karyawan tak lama setelah vaksin selesai diberikan.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi guru dan karyawan tersebut, diharapkan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa terputus dan pandemi bisa segera berakhir, selanjutnya diharapkan pembelajaran tatap muka (PTM) di SD Muhammadiyah Condongcatur segera bisa terlaksana. Meskipun begitu, setiap warga sekolah yang telah memperoleh vaksin, hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan seperti sebelumnya.