Vaksinasi Massal Pelajar SMP Muhammadiyah di Kapanewon Depok

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sleman mengadakan vaksinasi massal bagi pelajar Muhammadiyah se-Kapanewon Depok jenjang SMP. Hal ini dilakukan dalam rangka bebas dari pandemi Covid-19 dan mempercepat kekebalan komunal (herd immunity). Vaksinasi massal ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM).

SD Muhammadiyah Condongcatur yang ditujuk sebagai tempat penyelenggaraan vaksin, berupaya menyediakan fasilitas yang memadai sesuai kebutuhan. Hal ini sesuai komitmen Sekolah Muhammadiyah di depok yang bertekad maju bersama dan saling mensuport agar bisa maju bersama-sama. Sebagaimana arahan Bapak H.M Jumiran selaku Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Deopok tentang pentingnya kebersamaan.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama telah dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 di SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis vaksin yang diberikan bagi pelajar adalah Sinovac. Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang digunakan dalam percepatan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 12-17 tahun. Program vaksinasi ini diikuti pelajar SMP Muhammadiyah 1, 2, dan 3 Depok.

Menindaklanjuti terkait pelaksaaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang sudah dilaksanakan, seluruh peserta dijadwalkan kembali untuk melakukan vaksinasi dosis kedua pada hari Jumat, 10 September 2021 di Aula Ahmad Dahlan SD Muhammadiyah Condongcatur. Jumlah peserta vaksinasi terdiri dari 231 siswa SMP Muhammadiyah 1 Depok, 171 siswa SMP Muhammadiyah 2 Depok, dan 108 siswa dari SMP Muhammadiyah 3 Depok.

Mengingat kondisi yang masih dalam keadaan pandemi COVID-19, kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, mengunakan handsinitizer atau mencuci tangan dan memakai masker merupakan hal yang wajib dilakukan oleh peserta vaksin.