VERIFIKASI LAPANGAN CALON SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT PROVINSI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. SD Muhammadiyah Condongcatur telah mempresentasikan seluruh program Adiwiyata di tingkat Kabupaten Sleman dan ditunjuk sebagai sekolah yang memenuhi kriteria untuk maju ke tingkat Provinsi dalam penghargaan Adiwiyata di tahun 2021.

Verifikasi Lapangan di SD Muhammadiyah Condongcatur dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021 dari pukul 11.30 – 13.30 WIB. Tim Verifikator dari DLHK Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Mita Wijayanti, DP,SP; Siyam Mardini, S.Pd.M.Pd; Dra. Vipti Ratna Nugraheni, M.Ed; Drs. Chaidir dan Selvia Nadiya F, S.T. Acara ini dilaksanakan di Aula K.H. Ahmad Dahlan SD Muhammadiyah Condongcatur, yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya Ketua PCM Depok Drs. H. Muh Djumiran, M.Pd, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Depok Drs. H. Sayuti Mustofa, M.Pd, Kabid DLH Kabupaten Sleman Purwoko Sasmoyo, S.T, M.M dan Tim, serta Bapak Ibu Guru Karyawan Panitia Adiwiyata SD Muhammadiyah Condongcatur.

Pra acara diisi oleh penampilan dari ananda Nafisa Aurelia Talitha Shaffa siswa SD Muhammadiyah Condongcatur dengan tampilan lagu “Mari Jaga Lingkungan” karya Isromi Setiawan, S.Sn selaku guru seni musik. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Sulasmi, S.Pd selaku Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Tim Verifikasi Adiwiyata yaitu Mita Wijayanti, DP. SP.

Tim verifikator pelaksanaan kegiatan verifikasi lapangan di SD Muhammadiyah Condongcatur terbagi menjadi 2 (dua) tim, yaitu tim pemeriksa dokumen, dan tim pemeriksa kondisi fisik sekolah. Setiap tim dalam kegiatan tersebut didampingi oleh Bapak Ibu guru karyawan panitia Adiwiyata yang bertanggung jawab disetiap komponen masing-masing.

Bidang Adiwiyata yang ada di SD Muhammdiyah Condongcatur diantaranya Toga, Taman, Ruang Bank Sampah, Sanitasi Air / Penyaringan Air, Pengelolaan Sampah, Pembuatan Kompos, Daur Ulang Sampah, Biopori, Resapan, Drainase, Penanaman, Pemeliharaan, Pembibitan, Kamar Mandi, Kantin Dan Dapur (Upaya Pengurangan Sampah), Inovasi “JEMPOL”.

Mengingat kondisi yang masih dalam keadaan pandemic COVID-19, kegiatan verifikasi lapangan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan wajib memakai masker. Kegiatan ini ditutup oleh Ketua PCM Depok Drs. H. Muh Djumiran, M.Pd.