Aturan Pemerintah Ditegakkan, Penilaian Harian Berjalan Tertib dan Aman

Pemerintah menetapkan aturan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) bagi semua warganya. Langkah ini ditempuh demi memutus mata rantai wabah pandemi covid-19 yang semakin menyebar luas di berbagai daerah. PTKM tersebut juga dipatuhi oleh SD Muhammadiyah Condongcatur.

Demi mematuhi PTKM, agenda penilaian harian di semester genap tahun pelajaran 2020/ 2021 di  SD Muhammadiyah Condongcatur dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan penilaian harian semester 2 bagi murid kelas 1 sampai kelas 5 dimulai pada hari Senin, 1 Februari 2021. Jadwal penilaian harian bagi murid kelas 1, 2, dan 3 dimulai hari Senin 1 Februari 2021 sampai Jumat 5 Februari 2021, sedangkan pelaksanaan penilaian harian bagi murid kelas 4 dan 5 dimulai hari Senin 1 Februari 2021 sampai hari Sabtu 6 Februari 2021.

Sebagai bentuk dukungan dan persiapan bagi peserta didik, maka sekolah mengadakan kegiatan doa bersama dan penyampaian motivasi dari guru kepada murid melalui aplikasi zoom. Pelaksanaan doa dan motivasi ini dilakukan setiap pagi mulai pukul 06.30 sampai pukul 07.00 selama penilaian harian berlangsung.

Saat pelaksanaan kegiatan doa bersama dan motivasi ini, semua murid wajib memakai seragam sekolah sesuai hari yang telah ditetapkan sekolah. Hari Senin semua murid memakai seragam warna merah putih, untuk hari Selasa siswa mengenakan seragam batik dan celana putih, sedangkan hari Rabu murid memakai memakai seragam berkemeja dua saku warna coklat. Pada hari Kamis semua murid memakai seragam IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), untuk hari Jumat siswa mengenakan seragam warna coklat model koko, sedangkan hari Sabtu, murid memakai seragam Hizbul Wathan.

Sekolah juga menghimbau kepada orang tua/wali murid agar senantiasa memberikan dukungan bagi putra-putrinya selama pelaksanaan penilaian harian. Sifat jujur dan mandiri harus dimiliki oleh peserta didik. Sebelum mengerjakan soal dan setelah mengerjakan soal, semua murid harus berdoa. Sikap teliti, cermat, dan hati-hati juga harus dimiliki para murid saat mengerjakan penilaian harian.

Melalui aplikasi zoom, semua peserta didik membaca surat-surat pendek Al-Qur’an secara bersama-sama dipimpin oleh guru. Selanjutnya, guru menyapa para murid serta memberi motivasi dan nasihat-nasihat, lalu dilanjutkan dengan doa bersama. Peserta didik merasa bangga karena guru sebagai tenaga pendidik senantiasa memperhatikan semua murid. Semua ini membuat peserta didik semakin bersemangat mengikuti penilain harian. Selanjutnya, dengan adanya motivasi tersebut, diharapkan semua peserta didik bisa mencapai nilai yang optimal dalam pelaksanaan penilaian harian.