Kerennya Himbauan Siswa tentang Jaga Lingkungan dan Aturan Berlalu Lintas dengan Media Kaos

Dengan seni, hidup terasa lebih indah. Pepatah bijak tersebut dibuktikan oleh siswa kelas II SD Muhammadiyah Condongcatur. Melalui kegiatan Virtual Field Trip yang telah diadakan pada 29 Maret 2021 lalu, para murid diajarkan merasakan keindahan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 ini.

Melukis kaos dengan cat acrylic merupakan kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan dalam Virtual Field Trip bagi murid kelas II SD Muhammadiyah Condongcatur yang bertema “Keselamatan di Tempat Umum serta Aturan Memelihara Hewan dan Tanaman”. Semua murid sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan jalan-jalan virtual yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom tersebut. Para guru yang memandu juga semangat dalam mengawal kegiatan dari awal hingga akhir.

Dengan adanya kegiatan melukis kaos bagi peserta didik dalam kegiatan Virtual Field Trip yang dikemas unik dan menyenangkan ini, murid-murid semakin semangat menuangkan ekspresi mereka melalui cat acrylic dan kuas di atas kaos. Pembagian kaos, cat acrylic, palet, dan kuas dilaksanakan pada hari Senin, 23 Maret 2021 bersamaan dengan pembagian hasil Penilaian Harian (PH) dan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS).

Langkah-langkah melukis melalui media kaos disampaikan oleh para guru kelas II melalui Zoom secara live. Murid-murid diberi rentang waktu seminggu untuk menyelesaikan lukisan kaos mereka. Lukisan kaos tersebut lantas difoto lalu dikirim kepada pihak sekolah melalui tautan (link) yang sudah diberikan.

Melalui rangkaian kegiatan Virtual Field Trip tersebut, semua murid bisa memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas, melestarikan lingkungan alam secara langsung, serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap semua makhluk ciptaan Allah Swt di dunia ini.