PELAKSANAAN PTMT HARI PERTAMA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR BERJALAN LANCAR

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sleman dinyatakan turun ke level 2. Menindaklanjuti kabar baik ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mulai menambah jumlah sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Penambahan itu untuk jenjang SD. Salah satunya yaitu SD Muhammadiyah Condongcatur. Pihak sekolah juga sudah melakukan sosialisasi PTMT ini melalui aplikasi Zoom dan akun youtube SD Muhammadiyah Condongcatur pada hari Sabtu, 24 Oktober 2021 sehingga orang tua/wali murid, murid, dan pihak-pihak terkait bisa memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai panduan pelaksanaan PTMT.

Pelaksanaan PTMT SD Muhammadiyah Condongcatur dimulai pada hari Senin, 25 Oktober 2021. Para siswa selama seminggu mendapat jadwal dua kali seminggu dan diperbolehkan melaksanakan kegiatan selama 2 jam sesuai kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan oleh pihak sekolah. Bagi siswa kelas I, II dan kelas III pelaksanaan PTMT dimulai pukul 07.00 – 09.00 WIB. Akan tetapi bagi siswa kelas IV, V dan kelas VI ada perbedaan jadwal PTMT yang dimulai pada pukul 07.30 – 09.30 WIB.

Bapak/ibu guru dan karyawan yang bertugas siap menyambut kedatangan para siswa. Mereka tampak riang gembira bisa kembali ke sekolah, setelah setahun lebih harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan di sekolah juga dilakukan dengan ketat. Saat memasuki area sekolah dilakukan pengecekan suhu badan. Para siswa wajib memakai masker dan menjaga jarak selama berada di kelas maupun lingkungan sekolah. Pelaksanaan PTMT hari pertama berlangsung dengan tertib dan lancar. Setelah pembelajaran selesai, para siswa tetap menunggu di kelas masing-masing, tidak diperbolehkan turun sebelum penjemput datang melapor kepada petugas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di sekitar lingkungan sekolah.