Penilaian Tengah Semester dengan Sistem Blended

Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan indikator pencapaian hasil belajar siswa dalam jangka waktu tertentu di setiap semester. Seluruh siswa siswi SD Muhammadiyah Condongcatur melaksanaan PTS di semester 1 tahun ajaran 2021/ 2022 dengan sistem blended antara luar jaringan (Luring) dan dalam jaringan (Daring) dikarenakan masih dalam situasi masa pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih diperpanjang sampai saat ini.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 – 15 September 2021. Sikap jujur, mandiri dan disiplin selalu ditekankan oleh bapak ibu guru kepada seluruh siswa siswi dalam mengerjakan soal-soal PTS. Sekolah juga menghimbau kepada orang tua/wali murid agar selalu memberi dukungan dalam pelaksanaan PTS, sehingga para siswa mampu mengerjakan PTS dengan hasil yang memuaskan.

Soal yang diujikan dalam PTS adalah soal yang dibuat oleh bapak ibu guru sekolah Muhammadiyah di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman (Majelis Dikdasmen PDM Sleman). Ada beberapa soal yang dibuat oleh bapak ibu guru SD Muhammadiyah Condongcatur meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 1 sampai kelas 3, Pendidikan Kemuhammadiyahan untuk kelas 1 dan kelas 2, serta Bahasa Arab bagi kelas 1 sampai dengan kelas 3, dan untuk soal mata pelajaran yang lain dibuat oleh Majelis Dikdasmen PDM Sleman.

Pihak sekolah sudah menyediakan paket lembar jawab yang akan diambil oleh orang tua/wali murid secara drive thru sesuai jadwal yang diberikan. Siswa mengerjakan soal PTS pada lembar jawab yang sudah disediakan kemudian menyalin jawaban dan mengirimkan melalui Google Formulir. Lembar jawab tersebut digunakan sebagai pengecekan dengan jawaban yang sudah dikirimkan melalui Google Formulir. Pengembalian lembar jawab ke sekolah juga dilaksanakan secara drive thru sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan pihak sekolah.

Selama pelaksanaan PTS, bapak ibu guru pendamping selalu memberikan motivasi kepada para siswa melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan sekolah dan peserta didik dalam menempuh PTS.