Share it...

Beberapa hari lalu umat muslim di dunia merayakan hari Raya Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Kurban, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah 1441 H atau 31 Juli 2020. Pada hari Raya Idul Adha dilakukan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kerbau, domba dan kambing. Bicara tentang kurban, inilah momen umat muslim untuk berkorban dari apa yang dimiliki sebagai bentuk persembahan ketaqwaan kepada Allah, seperti yang sudah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S.

Sebagai bagian dari upaya menyambut Idul Adha 1441 H, SD Muhammadiyah Condongcatur melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 3 Agustus 2020 di Halaman Upacara SD Muhammadiyah Condongcatur. Kegiatan ini melibatkan guru dan karyawan yang bertugas menjadi panitia Idul Adha 1441 H.

Perayaan Idul Adha tahun ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini, aturan protokol kesehatan tetap diikuti, dengan menjaga jarak, mengenakan pelindung diri, sarung tangan serta sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana latihan qurban bagi para siswa. Harapannya melalui kegiatan ini siswa memiliki kepekaan dan kepedulian sosial. Di samping itu bagi sekolah, kegiatan ini sebagai upaya untuk mendekatkan pihak sekolah dengan warga sekitar. Wujud kepedulian itu dilakukan dengan membagikan daging hewan kurban untuk masyarakat sekitar. Pembagian daging kurban kepada warga diserahkan secara simbolis melalui Ketua RW dan RT setempat untuk dibagikan secara langsung kepada masyarakat sekitar.


Share it...