Share it...

Sebagai pelajar Muhammadiyah, setiap siswa da siswi di SD Muhammadiyah Condongcatur wajib mengikuti gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW). HW sendiri merupakan gerakan kepanduan yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Gerakan kepanduan ini juga didirikan oleh pendiri Muhammadiyah, yakni K. H. Ahmad Dahlan pada tahun 1918 lalu dibangkitkan kembali pada 18 November 1999. Berdirinya gerakkan kepanduan HW bertujuan untuk menyiapkan dan membina anak-anak, remaja dan pemuda agar memiliki aqidah yang berakhlakul karimah, fisik dan mental yang kuat dan tangguh dimana pun mereka berada.

Di SD Muhammadiyah Condongcatur, pelatihan kepanduan Hizbul Wathan dilaksanakan secara rutin oleh siswa siswi kelas 1 hingga 5 setiap hari Sabtu pagi. Dengan para guru yang telah bersertiifikat sebagai pembina HW, para siswa dilatih segala hal yang berkaitan dengan ilmu kepanduan baik secara materi maupun praktek. Seperti yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020 ini, setiap level kelas berlatih ilmu kepanduan sesuai dengan level usianya. Untuk kelas 1- 4 dengan rentang usia 5-10 tahun disebut dengan Pandu Athfal, sedangkan kelas 5 dengan rentang usia 11-15 tahun disebut dengan Pandu Pengenal.

Di hari Sabtu awal Februari 2020 ini, para pandu Athfal di kelas 1, 3 dan 4 berlatih gerak dan lagu kepanduan, sedangkan pandu athfal di kelas 2 berlatih simpul tali temali. Berbeda dengan pandu athfal, pandu pengenal di kelas 5 yang sedang bersiap melaksanakan agenda Kemah Besar Bersama dengan sekolah kluster pada tanggal 13, 14 dan 15 Februari 2020 nanti berlatih mendirikan tenda dapur di lapangan Gorongan di selatan sekolah. Pelatihan mendirikan tenda utama dan memasak telah dilakukan di sesi pelatihan sebelumnya.


Share it...