Share it...

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam Rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-108, SD Muhammadiyah Condongcatur melaunching Gedung Siti Walidah Center (SWC). Launching SWC dilakukan langsung oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Baedhowi, MSi, Selasa (17/11).

Prof Baedhowi mengapresiasi kreativitas SD Muhammadiyah Condongcatur dengan adanya Siti Walidah Center. Keberhasilan SD Muhammadiyah Condongcatur salah satunya dikarenakan peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin, manajer, dan entrepreneurship.

“Tiga peran Kepala Sekolah itu sendiri yaitu sebagai leader yang bisa memimpin sekolah dengan baik, kedua sebagai manajer yang bisa mengorganisasikan berbagai upaya-usaha dengan segenap warganya sehingga terlaksananya kegiatan yang optimal, dan ketiga perannya sebagai entrepreneurship dengan adanya berbagai usaha,” ungkap Baedhowi.

SD Muhammadiyah Condongcatur telah berhasil meraih berbagai prestasi seperti Pembinaan Siswa Terbaik Tingkat Nasional dalam Lomba Sekolah Sehat Berkarakter dan meraih Penghargaan Sekolah Aman Pangan Nasional dari BPOM. Selain itu, Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur telah terakreditasi A. “Disini Kepala Sekolah telah melaksanakan perannya dengan baik dan prestasi yang sangat membanggakan,” tambah Baedhowi.

Kepala SD Muhammadiyah Condongcatur, Sulasmi, SPd bertekad dengan hadirnya Gedung Siti Walidah Center dapat meningkatkan kualitas sebagai Sekolah Rujukan Nasional. Serta meneguhkan diri sebagai Fun School dan menjadi sekolah Islami, berprestasi, kreatif, dan inovatif.

Menurutnya Gedung Siti Walidah Center yang diambil dari istri pendiri Muhammadiyah ini memiliki lima unit. Pertama Unit Display Karya, yaitu pusat pameran dan pemasaran karya siswa termasuk memiliki bagian sinematografi.

Kedua, unit produksi yaitu pusat kreasi dan pengemasan karya siswa dan sekolah. Diantaranya pembuatan berbagai produk merchandise dalam membentuk branding SD Muhammadiyah Condongcatur.

Ketiga Unis Usaha Sekolah Muhammadiyah (U2SM) yaitu media pembelajaran para siswa dalam kegiatan perniagaan. Keempat, Unit Kantin Siti Walidah, yaitu wadah mengenalkan dan membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat. Kelima, Unit Cooking Class, sebagai media praktik siswa dalam rangka mengasah potensi siswa di bidang kuliner.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Drs Ery Widaryana, MM mengungkapkan SD Muhammadiyah Condongcatur adalah sekolah unggulan di Sleman yang mampu berprestasi di kancan nasional bahkan internasional. “Terima kasih sudah turut memajukan pendidikan di kabupaten Sleman,” tutur Ery.

Dalam peresmian Siti Walidah Center turut hadir Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman, Majelis Dikdasmen Wilayah dan Daerah, Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Komite Sekolah dan perwakilan sekolah binaan SD Muhammadiyah Condongcatur. (Riz)

Sumber: https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/11/17/siti-walidah-center-pusat-keunggulan-baru-sd-muhammadiyah-condongcatur/


Share it...