Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadhan kali ini berbarengan dengan wabah virus corona. Bahkan WHO menetapkan wabah covid-19 sebagai global pandemic.

Pada tahun-tahun sebelumnya, SD Muhammadiyah Condongcatur selalu mengadakan pengajian songsong Ramadhan. Tetapi berbeda dengan tahun ini. Pengajian songsong Ramadhan memang tetap diakan namun dengan cara yang berbeda yaitu via online. Songsong Ramadhan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 April 2020 bertempat di kediaman masing-masing via youtube.

Acara ini melibatkan seluruh warga sekolah SD Muhammadiyah Condongcatur meliputi siswa, guru, karyawan, serta orangtua dari kelas 1 hingga 6.  Acara ini dilaksanakan guna menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H di tengah wabah Covid-19. Proses berlangsungnya acara ini dilakukan secara online dari rumah masing-masing terjadwal dan termasuk dalam program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang selama tiga pekan ini telah dilaksanakan dengan baik.

Acara ini diharapkan mampu memotivasi semua warga sekolah agar tetap menjalankan ibadah puasa dengan nyaman, kusyuk serta selalu menjaga kesehatan.