Info Sekolah
Selasa, 02 Mar 8190

Pohon Jambu Biji (Psidium guajava)

Sabtu, 14 November 2020 Oleh : mcc

 

Jambu biji atau buah dengan nama latin (Psidium guajava) merupakan spesies tanaman dari famili Myrtaceae yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dalam bahasa Inggris jambu biji disebut dengan lambo guava. Sedangkan di Indonesia jambu biji dikenal dengan nama jambu klutuk, jambu batu, jambu siki, serta soton.

 

Di seluruh dunia terdapat sekitar 150 jenis jambu biji. Sedangkan di Indonesia sendiri, jenis yang banyak dibudidayakan adalah jambu biji Sukun, jambu biji Bangkok, jambu biji Susu Putih, jambu biji Apel, jambu biji Palembang, jambu biji Kamboja, jambu biji Getas Merah, jambu biji Kristal/Mutiara dan lain-lain.

 

Manfaat Pohon Jambu Biji

Dalam dunia medis jambu biji menjadi obat yang bisa mengobati macam-macam penyakit antara lain diare, disentri, demam berdarah, gusi bengkak, sariawan, jantung, dan diabetes. Kandungan lengkap kadar gizi yang terdapat dalam 100 g jambu biji masak segar antara lain : protein sebanyak 0,9 g; lemak 0,3 g; karbohidrat 12,2 g; kalsium 14 mg; fosfor 28 mg; besi 1,1 mg; vitamin A 25 SI; vitamin B 0,02 mg; vitamin C 87 mg; dan air 86 g.

 

Selain kandungan tersebut, buah jambu biji juga mengandung zat kimia lain yang dapat mempengaruhi aktivitas antioksidan, seperti senyawa flavonoid, guaijavarin, quercetin, serta kombinasi saponin dengan asam oleanolat. Zat kimia ini diduga dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan, dan dapat mencegah diabetes melitus serta demam berdarah dan diare.

 

Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, dua kali lipat jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada jeruk manis. Jambu biji mengandung potasium, besi, serat, karotenoid, dan polifenol yang tinggi, bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi. Kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, khususnya pektin (serat larut air) dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu pengeluarannya.

SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

    Alamat:
    Jl. Perumnas (Ringroad Utara) Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

    Telepon:
    0274-486619

    WhatsApp:
    085100826777

    E-Mail:
    sdmuhcondongcatur@gmail.com