Info Sekolah
Selasa, 16 Apr 2024

Pohon Pandan Bali (Cordyline australis)

Sabtu, 14 November 2020 Oleh : mcc

 

Tanaman dengan nama latin Cordyline australis ini berasal dari Selandia Baru, walaupun di Indonesia tempat yang paling banyak dibudidayakan ada di Nusa Tenggara Barat, dan lebih khusus lagi di Sumbawa.

 

Pandan Bali memiliki akar yang besar dan memiliki akar penyangga untuk menopang tanaman. Karena termasuk dalam keluarga tanaman cemara, tanaman hias ini biasa  digunakan sebagai tanaman hias dan tingginya hanya sekitar 2 meter. Pandan Bali yang sering digunakan sebagai tanaman hias bukan merupakan anggota dari Pandanus melainkan Cordyline australis.

 

Batang tanaman ini merambat, berbentuk bulat dan bercak daun. Tanaman ini memiliki cabang berminyak yang tumbuh dari inti dan berakar di pangkal batang. Namun demikian, terjadi peradangan sehingga akar muncul dari bagian batang yang terlihat lebih tinggi, bahkan dari cabang yang berbeda.

 

Untuk daunnya sendiri, daun Pandan Bali berbentuk pedang dengan panjang daun rata-rata 30-100 cm dan berwarna hijau, seperti daun pandan. Daun Pandan Bali tumbuh menyatu di ujung cabang tanaman.

 

Manfaat Pohon Pandan Bali

Berhubung tanaman ini merupakan bagian dari tanaman hias, maka manfaat tanaman ini dimaksudkan untuk menambah estetika suatu ruangan. Selain itu, tanaman ini juga berguna untuk menyaring debu dan kotoran.

SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

    Alamat:
    Jl. Perumnas (Ringroad Utara) Gorongan, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

    Telepon:
    0274-486619

    WhatsApp:
    085100826777

    E-Mail:
    sdmuhcondongcatur@gmail.com