Share it...

Selaku instansi pendidikan, SD Muhammadiyah Condongcatur senantiasa mengadakan peringatan hari besar nasional, termasuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi tahun 1442 H/2020 M di sekolah yang memiliki jargon Sekolah Para Juara ini mengangkat tema “Dengan Maulid Nabi Tetap Peduli di Masa Pandemi.”

Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 ini, para siswa dari kelas 1 sampai kelas 6, diminta untuk menyisihkan sebagian uang jajan mereka untuk dikumpulkan dalam sebuah tabungan hasil kreasi dari barang bekas. Penyisihan uang jajan tersebut akan diinfakkan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Hasil kreasi tabungan dan uang infak tersebut dikumpulkan ke sekolah sesuai jadwal untuk menghindari kerumunan demi melaksanakan protokol kesehatan. Selanjutnya, pihak sekolah akan menyumbangkan semua infak tersebut kepada pihak yang terdampak pandemi.

Bagi murid kelas I dan kelas IV, karya dan tabungan infak dikumpulkan di sekolah pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020. Untuk murid Kelas II dan Kelas V, karya dan tabungan infak dikumpulkan pada hari Senin, 26 Oktober 2020, sedangkan bagi murid kelas III dan VI, karya dan tabungan infak dikumpulkan hari pada hari Selasa, 27 Oktober 2020. Protokol kesehatan tetap dipatuhi saat pengumpulan karya dan tabungan infak. Setiap siswa maupun wali murid yang datang wajib memakai masker, diukur suhu badannya, mencuci tangan memakai sabun/ hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak. Sekolah memberikan apresiasi/ penghargaan kepada para peserta didik atas pengumpulan karya dari bahan bekas dan tabungan infak tersebut. Bentuk apresiasi itu ialah pemberian souvenir berupa stiker kepada murid dari kelas 1 sampai kelas 6 atas kreativitas dan sikap peduli mereka di masa pandemi ini. Bersamaan dengan pengumpulan karya dan tabungan infak tersebut, sekolah juga membagikan modul materi dan lembar kerja pembelajaran luring (luar jaringan) edisi 2-7 November 2020 kepada para murid kelas 1 sampai kelas 6.

Sebagai puncak rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, seluruh warga sekolah (guru, karyawan, murid) mengikuti tausiyah secara daring melalui akun Youtube SD Muhammadiyah Condongcatur pada hari Rabu, 28 Oktober 2020. Dari aktivitas peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H ini, penanaman karakter kepada peserta didik bisa terlaksana. Karakter pola hidup hemat, kreatif, disiplin, religius, dan peduli terhadap sesama tetap tertanam bagi semua peserta didik di SD Muhammadiyah Condongcatur di masa pandemi Covid-19 ini.


Share it...